SpongeBob SquarePants

Rabu, 17 Juni 2015

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Angin Puting Beliung - Tugas Bahasa Indonesia

Angin Puting Beliung


Angin puting beliung biasanya terjadi pada musim pancaroba. Angin puting beliung adalah angin yang berputar dengan kecepatan lebih dari 63 km/jam yang bergerak secara garis lurus dengan durasi maksimum 5 menit. Orang awam menyebut angin puting beliung adalah Angin Leysus, di daerah Sumatera disebut Angin Bohorok dan masih banyak sebutan lainnya. Angin jenis ini yang ada di Amerika, yaitu Tornado, mempunyai kecepatan hingga 320 km/jam dan berdiameter  500 meter.
 Kebanyakan angin puting beliung mempunyai kecepatan sekitar 175 km/jam,  dengan lebar 250 kaki (75 meter), dan bergerak beberapa kilometer sebelum "lenyap". Walau bagaimanapun, setengah puting beliung memiliki kecepatan sekitar  480 km/jam, dengan lebar lebih dari 1,6 kilometer, dan bisa bergerak melebihi 100 kilometer.
Terjadinya angin puting beliung disebabkan oleh udara panas dan dingin ketika bertemu, sehingga saling bentrok dan terbentuklah puting beliung.  Selain itu juga karena di dalam awan terjadi arus udara naik yang kuat. Hujan belum turun, titik-titik air maupun kristal es masih tertahan oleh arus udara yang naik ke puncak awan.
Ketika siang hari, suhu udara memanas, pengap, dan awan hitam mengumpul  akibat radiasi matahari. Awan tumbuh secara vertikal, selanjutnya di dalam awan tersebut terjadi pergolakan arus udara naik dan turun dengan kecepatan yang cukup tinggi. Arus udara yang turun dengan kecepatan yang tinggi menghembus ke permukaan bumi secara tiba-tiba dan berjalan secara acak.
Tanda-tanda kemunculan angin puting beliung juga dapat dipelajari, seperti beberapa contoh berikut.
1.       Biasanya kalau ada suhu udara sangat panas terutama satu hari sebelumnya, udara panas pada malam hari ini patut diwaspadai karena kalau tidak hujan, ada angin kencang.
2.       Jika di sekitar rumah kita banyak pohon, coba amati dan perhatikan pepohonan tersebut, apakah ada dahan atau ranting yang sudah bergoyang sangat cepat. Biasanya tidak akan lama lagi hujan dan angin kencang pun akan tiba.
3.       Udara dingin terasa disekitar kita ketika langit gelap gulita, mendung, berwarna hitam gelap, dan pepohonan sudah menampakkan bergoyang.
Dampak dari angin puting beliung sangatlah beragam. Mulai dari rusaknya rumah dan infrastruktur daerah, rusaknya kebun – kebun warga , kerugian material, puing – puing bangunan dan sampah yang terbawa puting beliung menjadi berserakan, hingga timbulnya korban jiwa. Sungguh bencana yang sangat menakutkan dan mendatangkan banyak kerusakan kepada apa saja yang disentuhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar